Sabtu, 17 Januari 2015

Peranan Organisasi Pemuda yang Pernah Ikut Dalam Membentuk Identitas Diri

Saya disini akan menjelaskan tentang organisasi  yang saya pernah ikuti  sampai sekarang .sebelum lanjut ketopik pembahasan saya akan memeberi tau apa itu organisasi. Organisasi yaitu sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama dan misi yang sama . Dengan kita mengikuti organisa maka kita disa diajar cara bekerja sama dengan baik ,kita bisa belajar mengemukakan sebuah pendapat , kita bisa mengenal lebih luas bermacam - macam sifat orang, diajar bertanggung jawab,dan kita juga dapat banyak pengalaman.

Saya akan menceritakan organisasi yang saya ikuti yang pertama .Organisasi RUMPALAS (Rumpun Pencinta Alam Sepuluh) yang merupakan organisasi yang bergelut di bidang alam .RUMPALAS itu sendiri berdiri pada tanggal 17 maret 2002 ,yang membentuk RUMPALAS itu sendiri di bentuk oleh guru-guru dan kepala sekolah Sma Negeri 10 Bogor ,beserta tim dari equator dan 11 anggota pendirinya.RUMPALAS sempat ada pembekuan dari tahun 2008 sampai dengan 2009, dan bangkit lagi pada tahun 2010 yang memiliki anggota berjumlah 3 orang dan saya termasuk dalam 3 orang itu .saya di dalam organisasi ini saya adalah angkatan ke VI. Dan saya sudah mendapatkan slayer ke banggaan RUMPALAS dengan mengikuti pendidikan dasar atau disingkatnya dengan PD ,setalah PD saya harus melakukan sidang  dengan materi apa saja yang saya dapat setelah mengikuti PD . setelah PD saya harus melakukan pengambilan nomor anggota dengan sarat harus melakukan ekspedisi k gunung dengan ketinggian di atas 3.000 mdpl ,saya melakukan eskpedisi di Taman Nasional Gunung Bromo Tenger Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl  dan setelah melakukan ekspedisi saya melakukan sidang dengan materi tentang Taman Nasional Gunung Bromo Tenger Semeru, setelah itu baru saya mendapatkan nomor anggota dengan nomor :170302/R/VI/019 I Made Hangga Aksara dan saya resmi menjadi anggota penuh RUMPALAS.

        Hal positif yang pernah dilakukan organisasi RUMPALAS adalah karena kita ada sebuah organisasi bergelut di alam maka kita cinta terhadap alam yang diciptakan oleh TUHAN YANG MAHA ESA dan kita harus menjaga dan merawatnya maka setiap kita melakukan beraktif fitas di alam seperti naik gunung,caving(susur goa),climbing, dan lain lain maka setelah melakukan aktifitas seperti itu maka kami selalu membawa sampahnya kembali dan tidak buang sampah sembarang,terus kami juga suka mengadakan acara bersih- bersih halaman sekolah,terus pada saat ada bencana di daerah yang kena benca kami suka memberikan sembako ke daerah yang kena musibah, terus kita berpatisifasi dalam pembersihan tugu kujang yang rutin dilakukan setiap ulang tahun Bogor , dan masih banyak yang lainnya, terus hal positif yang saya rasakan dalam berorganisasi saya banyak mempunyai pengalaman ,terus saya juga dapat ilmu- ilmu yang jarang orang ketahui,saya mempunyai banyak temen gak di daerah saya namun sampai diluar daerah  , saya juga merasa senang karena berorganisasi itu kita diajar saling membatu,kekeluargaanya kental, solid   dan masih banyak lainnya

                                                      Berikut foto kegiatan rumpalas

  Saya juga mengikuti sebuah organisasi yang bernama BUKOS(Barudak Selakopi), BUKOS adala sebuah organisasi yang terdapat di perumah komplek  selakopi pasir mulya kecamatan Bogor Barat. BUKOS ini begerak di segala bidang  seperti di bidang alam yang bernama BUKOS ADVENTUR, di bidang olah raga ada BUKOS FUTSAL,BUKOS GO WELL, dan dibidang seni ada BUKOS ART. Di Bukos ini sering melakukan kegiatan positif seperti mengadakan sebuah acara yang di lakukan di gunung gede dengan melakukan kegiatan pengambilan sampah yang berserakan yang tidak di bawa turun oleh para pendaki waktu itu acaranya bertepatan dengan hari bumi, terus melakukan pengambilan dana untuk korban erobsi gunung sinabung , melakukan kerja bakti di sekitar komplek kehutanan selakopi,dan masih banyak lainnya . ada saran dari sara kalo mengikuti sebuah organisasi itu jangan main-main dan  jangan setengah- setengah  harus dijalanin dengan sungguh- sungguh dan iklas tidak ada paksaan, terus kalo kita juga harus sayang terhap alam kita ini alam aja sayang sama kita masa kita enggak sih hehehe.dan ayo lah kaula muda mengikuti organisasi dari pada main dan nongkrong gak jelas meningan berorganisasi baik loh kalo mengikuti . Sekian cerita saya tentang berorganisasi mohon maaf apabila ada kesalahan, saya ucapkan terimakasih.


                                                   Foto saat dipuncak Mahameru 3676m.dpl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar