Sabtu, 17 Januari 2015

Alat yang Wajib Dibawa Saat Melakukan Kegiatan Alam Bebas

Disini saya akan memberitau apa saja alat yang harus dibawa saat kita melakukan sebuah kegiatan di alam bebas.sebelumnya saya mau cerita sedikita,saya lihat akhir-akhir ini kegiatan yang dilakukan di alam bebas lagi buming-bumingnya seperti naik gunung dan lain lain , tetapi ada hal yang di lupakan para penikmat alam yaitu barang yang harus di bawa saat kegiatan berlangsung yang  kalau  tidak dibawa akan mengakibatkan hal yang sangat fatal. Dari barang –barang pribadi saja dulu yang standar seperti :
1.       Tutup kepala/topi
Untuk melindungi kepala dari cuaca panas atau dingin .npada cuaca panas atau hujan lebih baik kalau memakai topi rimba atau topi yang punya pelindung kelilingnya. Pada cuaca dingin disarankan untuk memakai topi yang membuat rasa hangat seperti kupluk.
2.       Baju
Baju harus wajib di bawa kalau sampai tidak memakai baju atau tidak membawa baju bayangkan saja kulit kita dapat terkenak sinar matahari langsung yang tidak baik bagi kesehatan kulit. Baju yang sangat baik adalah baju yang dapat mudah menyerap keringat .dan pilih lah baju yang warnya mencolok apa bila terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya hilang dapat dengan mudah dikenali dan diidentifikasi.
3.       Celana
Celana lapangan yang cocok dipakai adalah yang terbuat dari bahan yang mudah kering dan mudah menyerap keringat .dan tidak boleh memakai celana jeans karena berat dan susah kering.
4.       Jaket
Jaket sebuah perlengkapan yang penting dalam kegiatan alam bebas . jaket digunakan untuk melindungi diri dari dingin,sengatan sinar matahari atau hujan .kalau memakai jaket di sarankan yang memiliki dua lapisan (doublelayer).kalau melakukan kegiatan yang di daerahnya terdapat es atau salju maka baiknya memakai jaket yang terbuat dari bulu angsa .
5.       Slepping bag/kantung tidur
Slepping bag adalah kebutuhan kegiatan yang dilakukan di alam bebas yang digunakan setelah melakukan aktivitas . slepping bag yang baik yaitu yang hangat , tebal disisi lain dan dapat tahan air.
6.       Sepatu
Sepatu yang baik digunakan adalah sepatu yang melindungi telapak kaki sampai mata kaki dan keras di bagian depannya untuk melindungi ujung jari kaki apabila terkena benturan .memilih sepatu juga harus yang pas di kaki tidak terlalu sempit dan nyaman dipakai saat kegiatan berlangsung.
7.       Carrier /ransel
Pakai lah carrier yang sangat nyaman dan sebelum memakainya kita alangkah baiknya mengecek kelakan carrier/ransel yang kita akan pakai supaya pas kita di jalan tidak ada kendala .
8.       Alat masak ,makan dan mandi
Alat masak ,makan dan madi ini harus wajib dibawa karena kalo tidak dibawa maka tidak tau jadinya kaya gima sebuah kegiatan alam bebas. Kalau alat masak yang baik yang terbuat dari alumunium karena bahan tersebut cepat panas. Bawalah makan yang memiliki gezi yang cukup dan karbohidrat yang baik. Dan bawa lah alat mandi karena setelah melakukan kegiatan alam bebas kita pasti tidak mandi sampai berhari alangkah baiknya setelah melakukan kegiatan alam bebas baiknya kita mandi agar tubuh kita bersih dan seger
9.       Obat- obatan dan survival kits
Obat- obatan dan survival kits yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan . apabila kita memiliki sebuah penyakita pribadi diwajibkan membawa obat yang sudah di sarankan dari dokter .
10.   Syal/slayer
Syal atau slayer digunakan bukan untuk sebuah identitas sebuah organisasi tapi dapat di gunakan untuk leher apa bila cuaca dingin supaya leher hangat, sebagai perban darurat,untuk menyaring air saat survival dan lain-lain.
Nah itu yang wajib kita bawa saat melakukan sebuah kegiatan yang di lakukan di alam bebas .dan jangan lupa juga yah kita kalau melakukan kegiatan alam bebas ingat tidak boleh merusak alam,dan jangan sampai membuang sampah sembarangan harus dibawa kembali sampahnya. Sekian pembahasan tentang alat yang harus di bawa saat kegiatan alam bebas. Apabila ada kekurang mohon maaf dan kalau ada kekurang atau salah mohon ditambahkan .”Salam Lestari”.


referensi: http://ransel-story.blogspot.com

1 komentar: