Sabtu, 17 Januari 2015

Pendakian menuju Puncak Gunung Lawu

Perjalanan ini memang bukan perjalanan yang disiapkan secara matang. Karena saya merencanakannya sangat mendadak. Dua minggu sebelum pemberangkatan saya mengajak teman saya untuk mendaki gunung Lawu. Sebelum keberangkatan tentu saja tidak lupa saya mencari tiket perjalanan menuju kesana. Cukup sulit mendapatkan tiket untuk berangkat seminggu kemudian atau bahkan berangkat keesokan harinya. Karena seharusnya memang butuh persiapan 2 sampai 3 bulan sebelum.
                Sebelumnya saya akan mendeskripsikan gunung Lawu. Gunung Lawu terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketinggian gunung Lawu 3265m diatas permukaan laut. Gunung Lawu memiliki 3 puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilang dan Hargo Dumilah. Tetapi pintu masuk utama ke Taman Nasional Gunung Lawu ada di Cemorokandang di Tawangmangu Jawa Tengah serta Cemoroseru di Sarangan Jawa Timur.
                Saya berangkat bulan Juni 2014 bersama dengan teman saya yang bernama Sarah. Saya berangkat dengan bis. Perjalanan dimulai menuju Semarang. Karena saya sudah memiliki rencana dengan teman saya bernama Rizal untuk bertemu disana. Perjalanan dari Bogor ke Semarang menggunakan bis cukup lama sekitar 15 jam. Saya berangkat dari terminal bubulak pukul 12.00 dan sampai di Semarang sekitar jam 05.00.
                Setelah bertemu dengan teman saya Rizal di Semarang, siangnya pun kami bertiga memulai perjalanan menuju Jalur Pendakian Cemorosewu Jawa Timur. Kami memulai pendakian malam hari. Lalu sekitar jam 01.00 pagi kami memutuskan berkemah di pos 3. Saat matahari mulai terbit kami memutuskan melanjutkan perjalanan. Gunung Lawu memiliki 4 pos, dan kami sangat menunggu nunggu pos terakhir yang akan kami temui.
                Akhirnya pun kami sampai di pos 4 yaitu puncak pertama yaitu Hargo Dalem sekitar jam 07.00 pagi. Di Hargo Dalem terdapat Warung. Warung tersebut adalah Warung Puncak Tertinggi yang masuk ke rekor muri, yaitu Warung Mbok Yem. Setelah ke puncak Hargo dalem kami ke Puncak kedua lalu Puncak Ketiga yang paling tertinggi yaitu Hargo Dumilah. Berikut foto foto saya dan teman teman saya di Puncak Lawu.Ada juga foto saat kami di rumah botol.

Setelah sampai puncak dan asik berfoto kami memutuskan langsung turun menuju perjalanan pulang. Kami sampai di pos pendakian awal sekitar jam 19.00 malam. Dan memutuskan berkemah disana. Saat menjelang pagi kami memutuskan ke tempat teman saya yaitu Rizal. Lalu keesokan harinya saya dan teman saya Sarah pulang menuju Bogor.