Jumat, 23 Januari 2015

Sinopsis film Sagarmatha

Sagarmatha




Saya tuliskan sinopsis film Sagarmatha. Yang saya tonton tahun 2013. Film ini bercerita tentang persahabatan dua wanita, Shila (Nadine Chandrawinata) dan Kirana (Ranggani Puspandya) yang melakukan perjalanan untuk mewujudkan impian mereka menapaki puncak dunia Perjalanan keduanya menjadi menarik karena hal-hal yang mereka temui sepanjang perjalanan dari mulai India hingga Nepal sebelum akhirnya mulai mendaki gunung Himalaya. Shila dan Kirana yang merupakan sahabat sejak kuliah memang senang mendaki gunung.

Di samping itu, Shila memiliki bakat dalam menulis cerpen dan Kirana pun mahir dalam fotografi. Hal ini membuat mereka memutuskan untuk membuat buku yang berisi cerpen karangan Shila selama perjalanan mereka serta hasil jepretan Kirana sebagai gambar ilustrasinya.

Namun, di tengah perjalanan semangat mereka mulai mengendur. Shila mulai tak yakin bahwa cerpen yang dia tulis bagus untuk dibukukan. Ini bukan satu-satunya yang membuat Kirana kesal. Shila mengaku bahwa sebelum berangkat, dia dilamar oleh kekasihnya. Hal yang membuat Kirana kecewa karena dia belum memiliki tujuan hidup yang jelas di usianya yang telah menapaki 28 tahun.

Di tengah perjalanan menuju puncak Himalaya, mental Shila mengendur dan dia memutuskan untuk turun kembali ke camp. Dalam kesedihannya, Shila mengingat kembali masa lalu bersama Kirana. Ketika mereka bersama mendaki Gunung Merapi dan berikrar bahwa suatu hari nanti mereka akan mendaki Himalaya hingga ke puncak. Tapi hal tersebut tak mudah karena memori mengenai Gunung Merapi bagi Shila merupakan sebuah memori tragis.

Sagarmatha memiliki daya tarik tersendiri karena mengambil setting tempat yang unik, India dan Nepal. Menghadirkan kesan yang membawa penonton ke dunia yang baru, namun tetap familiar karena pada dasarnya tempat-tempat tersebut tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Begitulah sedikit cerita yang saya ceritakan dalam film ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan, semoga bermanfaat. Terimakasih

1 komentar: