Jumat, 23 Januari 2015

Cara memasak Nasi dengan Nesting



Cara Memasak Nasi
Berikut ini saya akan beritahu tentang cara memasak nasi dengan menggunakan nesting saat sedang mendaki gunung. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu Nesting.
Nesting adalah peralatan masak yang fungsinya bisa juga sebagai peralatan makan. Kalo yang sering naik gunung pasti udah gak asing lagi. Peralatan ini biasa dipakai untuk kegiatan outdoor. Bahannya terbuat dari campuran aluminium. Di samping kedua sisinya, dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari karet yang fungsinya adalah sebagai pegangan saat dipakai buat masak. Bentuknya sendiri yang gak makan tempat, jadi cocok untuk dimasukin ke Carrier.

Pertama : yang perlu dipersiapkan adalah nesting, kompor portable, gas, beras dan air secukupnya (tergantung jumlah porsi yang diinginkan).

Kedua : masukkan nasi ke sebuah wadah (bisa pake nesting juga), trus tuang air. Gunanya ini untuk membilas beras yang hendak kalian masak. Adapun untuk takarannya kira – kira perbandingannya itu 1 : 2. Artinya 1 gelas air buat 2 gelas beras.  Untuk menakar berapa banyak porsi perorang itu kira – kira ½ gelas air mineral untuk 1 porsi. Sesudah itu kalian bilas hingga 3 – 5 kali sampe bener – bener bersih dan bening. Disarankan masaknya dekat aliran sungai biar tidak kehabisan air.

Ketiga : panaskan air (sejumlah takaran tadi), kemudian masukkan beras kedalam nesting. Tunggu sekitar 7 – 12 menit, atau sampai benar – benar mendidih. Pakai apinya yang agak besar biar lebih cepat mendidih

Keempat : setelah mendidih, buka tutup nestingnya trus aduk – aduk hingga berulang kali. Gunanya biar airnya meresap ke beras dan biar lebih pulen.

Kelima : setelah diaduk – aduk dan udah dipastikan merata airnya, masuk ke proses menanak nasi. Caranya tutup lagi nestingnya. Kemudian kecilkan apinya. Kira – kira butuh waktu sekitar 10 – 15 menit untuk menunggunya.

Keenam : bila nasi telah matang, matikan api dan buka tutupnya. Aduk nasi dengan sendok, dan biarkan beberapa saat agar nasi menjadi tidak basah, seperti tekstur ketika nasi dikukus dengan rice cooker

Demikian tips menanak nasi dengan menggunakan nesting. Semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terimakasih.

1 komentar: