Selasa, 20 Oktober 2015

Perkembangan Teknologi di Bidang Jaringan (Networking)



Pada Zaman sekarang yang sudah moderen ini. Hampir semua orang dari kalanga pelajar sampai pekerja dan di  aspek kehidupan ini  memanfaatkan teknologi sebagai sarana pendukung peningkatan fungsionalitas aspek-aspek tersebut. Tidak terkecuali pada bidang jaringan (networking). Jaringan saat ini sangat mendukung komunikasi proses dan kinerja suatu bidang pekerjaan yang terjadi baik di dalam negeri, maupun hingga ke  luar negeri.
Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya, seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah. Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama. Suatu jaringan komputer pada umumnya terdiri atas:
  1. Minimal dua buah komputer.
  2. Kartu jaringan (network interface card/ NIC) pada setiap komputer.
  3. Medium Koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wirelessseperti radio, microwave, satelit, dan sebagainya).
  4. Perangkat Lunak Sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 serverMicrosoft Windows NTNovell NetwareLinux, dan sebagainya.
  5. Peralatan interkoneksi, seperti, HubBridgeSwitchRouter, dan Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.
Untuk memungkinkan komunikasi antarkomputer, prasarana jaringan komputer meliputi wilayah luas perlu dikembangkan. Beberapa alternatif telah dicoba dikembangkan, seperti SKDP (PT Telkom) dan tak lama lagi di beberapa daerah kecil akan beroperasi sistem ISDN (juga dikelola oleh PT Telkom). Alternatif lain yang cukup menarik untuk dikaji adalah jaringan komputer paket radio yang saat ini digunakan oleh tidak kurang dari 2400 orang di seluruh Indonesia, dengan komposisi pengguna sebagai berikut: 69 persen pengguna di perguruan tinngi, 18 persen pengguna di lembaga pemerintah, 4 persen pengguna di lembaga pemerintahan, 4 persen pengguna di lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan 5 persen pengguna berada di industry / badan komersial.Teknologi yang digunakan pada jaringan komputer merupakan perkembangan teknologi SKDP (PT Telkom). Protokol AX.25 digunakan pada link layer, yang merupakan perkembangan protokol X.25 (SKDP). Diatas protokol AX.25, digunakan protokol (Internet Protokol) yang memungkinkan integrasi berbagai jenis komputer ke dalam jaringan. Adapun aplikasi utama yang dijalankan dalam jaringan komputer ini adalah:
  1. Surat elektronik;
  2. Diskusi / konferensi secara elektronik.
  3. Pengiriman berkas / file secara elektronik.
  4. Fasilitas talknet untuk kerja pada komputer yang berjauhan.
Satu hal yang membedakan aplikasi jaringan komputer dengan teknologi lainnya adalah tidak adanya batasan dimensi ruang dan waktu. Sebagai contoh, diskusi / seminar / konferensi secara elektronik dapat berlangsung kapan saja, di mana saja bahkan tidak terikat pada batas-batas negara. Globalisasi sangat terasa dengan adanya jaringan komputer.
Teknologi memang tidak dapat dipungkiri keberadaan dan manfaatnya, kembali kepada manusia bagaimana meningkatkan fungsionalitas teknologi khususnya dalam bidang jaringan (networking) agar benar-benar dapat mendukung aktivitas dan kegiatan manusia sehari-hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar