Organisasi
a. Pengetian
Organisasi
Pengertian organisasi yang umum kita dengar adalah
sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama (J.R.
Schermehorn). Pengertian organisasi berbeda dengan pengertian kelompok, akan tetapi apabila bila dilihat dari
alasan atau sebab sebab orang berkelompok, maka apabila memiliki tujuan bersama
maka kelompok tersebut akan bekerja sama untuk tujuan tersebut. Kemudian
dilanjutkan oleh Bapak Chester J. Bernard bahwa pengertian organisasi adalah
kerja sama dua orang atau lebih, suatu sistem dari aktivitas aktivitas (System
from all activity) atau kekuatan kekuatan (Strength) perorangan yang
dikoordinasikan secara sadar. Pengertian organisasi yang dikembangkan oleh
Chester ini menekankan pada bagian koordinasi dan sadar yang memiliki sistem.
Hal tersebut wajar dikarenakan tujuan bersama yang dibuat oleh setiap anggota
organisasi haruslah secara sadar kritis terbangun dalam visi misi (baca pengertian visi misi) organisasi.
Organisasi
adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga
merupakan kesatuan yang teratur.
b. Unsur-unsur
Menuruth Keith Davis ada tiga unsur
penting partisipasi:
Unsur pertama, bahwa partisipasi
atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan
perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
Unsur kedua adalah kesediaan memberi
sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. Ini berarti, bahwa
terdapat rasa senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok.
Unsur ketiga adalah unsur tanggung
jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota.
Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness”.
c. Jenis-jenis
· Formal
· Informal
· Non formal
Keith Davis juga mengemukakan
jenis-jenis partisipasi, yaitu sebagai berikut:
· Pikiran (psychological
participation)
· Tenaga (physical partisipation)
· Pikiran dan tenaga
· Keahlian
· Barang
· Uang
d. Syarat-syarat
Agar suatu partisipasi dalam
organisasi dapat berjalan dengan efektif, membutuhkan persyaratan-persyaratan
yang mutlak yaitu .
· Waktu. Untuk dapat berpatisipasi
diperlukan waktu. Waktu yang dimaksudkan disini adalah untuk memahamai pesan
yang disampaikan oleh pemimpin. Pesan tersebut mengandung informasi mengenai
apa dan bagaimana serta mengapa diperlukan peran serta.
· Bilamana dalam kegiatan partisipasi
ini diperlukan dana perangsang, hendaknya dibatasi seperlunya agar tidak
menimbulkan kesan “memanjakan”, yang akan menimbulkan efek negatif.
· Subyek partisipasi hendaknya relevan
atau berkaitan dengan organisasi di mana individu yang bersangkutan itu
tergabung atau sesuatau yang menjadi perhatiannnya.
· Partisipasi harus memiliki kemampuan
untuk berpartisipasi, dalam arti kata yang bersangkutan memiliki luas lingkup
pemikiran dan pengalaman yang sama dengan komunikator, dan kalupun belum ada,
maka unsur-unsur itu ditumbuhkan oleh komunikator.
· Partisipasi harus memiliki kemampuan
untuk melakukan komunikasi timbal balik, misalnya menggunakan bahasa yang sama
atau yang sama-sama dipahami, sehingga tercipta pertukaran pikiran yang efektif
atau berhasil.
e. Bentuk-bentuk
organisasi
· Organisasi politik
· Organisasi sosial
· Organisasi mahasiswa
· Organisasi olahraga
· Organisasi sekolah
· Organisasi negara
· Organisasi pemuda
· Organisasi agama
2. Manajemen
a. Pengertian
Manajemen
Manajemen merupakan inti dari
administrasi, karena manajemen merupakan alat pelaksana utama administrasi.
Adapun pengertian manajemen menurut para ahli diantaranya dikemukakan oleh
Gibson, Donelly dan Ivancevich mendefinisikan manajemen sebagai berikut:
Suatu proses yang dilakukan oleh
satu atau lebih individu untuk mengoordinasikan berbagai aktivitas lain untuk
mencapai hasil – hasil yang tidak bias dicapai apabila satu individu bertindak
sendiri.
b. Latar Belakang
Sejarah Manajemen
Bukti adanya praktik-praktik
manajemen adalah pembangunan piramida di Mesir, pembangunan tembok besar di
Cina. Lalu contoh manajemen lainnya adalah pada era 1400-an, di Venesia,
Italia, adanya pusat perdagangan di Benua Eropa. Ada dua peristiwa bersejarah
yang dapat dijadikan sebagai latar belakang dan sejarah manajemen, yaitu pada
tahun 1776, dimana Adam Smith menerbitkan bukunya yang berjudul The Wealth of
Nations, dimana dalam bukunya ia menggagas manfaat yang dapat diperoleh
masyarakat dan organisasi dari penerapan pembagian kerja (division of labor).
Peristiwa yang kedua yaitu, revolusi industri di Prancis yang terjadi sekitar
abad 18, dimana peran tenaga mesin telah menggantikan tenaga manusia.
c. Fungsi dan
Proses manajemen
Aspek yang dikelola oleh manajemen
mencakup produksi, pemasaran, SDM dan keuangan , dan sumbr daya lainnya.
Fungsi-fungsi dasar manajemen dapat diringkas menjadi empat fungsi dasar
manajemen, yaitu :
· Perencanaan, fungsi perencanaan
mencakup, penetapan sasaran, penetapan strategi, menyusun rencana untuk
memadukan dan mengkoordinasikan sejumlah kegiatan untuk mencapai sasaran.
· Pengorganisasian, fungsi ini
mencakup, apa yang harus dilakukan, bagaimana cara melakukannya, siapa yang
harus melakukannya, dan siapa kepada siapa harus melapor.
· Memimpin, tugas seorang manajer
adalah bekerja melalui orang lain. Fungsinya adalah mengarahkan dan memotivasi,
memengaruhi individu atau tim untuk bekerja sama, dan mencari komunikasi yang
efektif untuk menyelesaikan konflik.
· Mengendalikan, fungsi ini menjamin
sesuatu berjalan sesuai dengan semestinya, dengan cara memantau dan menilai
kinerja dengan membandingkan kinerja aktual dengan sasaran yang telah
ditetapkan.
Fungsi-fungsi manajemen diatas
bertujuan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan dalam organisasi.
Proses manajemen adalah serangkaian
kegiatan dan keputusan seorang manajer sewaktu merancang, mengatur,
mengorganisasi, memimpin, atau melaksanakan kegiatan usaha dan mengendalikan
usahanya.
d. Ciri-Ciri Manajer
Profesional
Definisi sederhana tentang
profesional dapat diberlakukan pada profesi manajer. Pertama, seorang manajer
profesional adalah seorang yang hidup dari profesinya sebagai manajer, bukan
manajer amatiran atau bekerja sambilan. Kedua, seorang manajer profesional
tentunya diharapkan betul-betul melaksanakan tugasnya layaknya seorang
profesional dalam bidang lainnya dan mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang
tinggi untuk mencapai keberhasilannya.
e. Ketrampilan
Manajemen yang Dibutuhkan
Ketrampilan atau kemampuan yang
harus dimiliki seseorang untuk menjadi seorang manajer profesional ada 3, yaitu
:
· Kemampuan teknis
· Kemampuan Interaksi Antar Manusia.
· Kemampuan dalam Penetapan Visi,
Misi, dan Strategis.
3.
Tata Kerja
a.
Pengertian Tata Kerja
Tata kerja
atau metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber – sumber yang tersedia
dapat digunakan dengan waktu yang tersedia dan dapat digunakan dengan cara
teratur dan terarah dalam melakukan kegiatan manajemen.
b. Manfaat
Tata Kerja
Tata kerja
yang teratur serta terarah membuat proses berlangsungnya kegiatan manajemen
semakin baik, tata kerja merupakan proses kegiatan kerja yang dilakukan secara
ilmiah dan praktis, selain itu pemakaian tata kerja juga dapat ditujukan untuk:
·
Menghindari
terjadinya pemborosan dalam pendayagunaan sumber – sumber waktu yang tersedia.
·
Menjamin
pembagian kerja serta waktu secara terkoordinasi.
·
Menghindari
masalah – masalah yang ada serta kesimpangsiuran dalam proses tujuan yang ingin
tercapai.
c.
Hubungan Manajemen dan Tata Kerja
Manajemen
dan Tata Kerja merupakan faktor utama dalam tercapai nya target, seperti
manajemen yang teroganisir dan tata kerja yang terencana dengan baik akan mampu
menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan,
4.
Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Berdasarkan
penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi, manajemen, dan tata
kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian
tujuan melalui kerja sama antar manusia. Untuk melaksanakannya diperlukan
organisasi sebagai wadah atau alat untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian
untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan,
dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar