Selasa, 13 Oktober 2015

Analisis Mengenai Perkembangan IT pada Pendidikan



Di zaman globalisasi ini  sarat akan perubahan dan perkembangan telah banyak mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat.Perkembangan yang luar biasa cepat terjadi di berbagai bidang.Bidang-bidang tersebut misalnya sosial,ekonomi,kesehatan,dan tak tertinggal adalah bidang pendidikan.
Teknologi informasi merupakan sebutan lain dari teknologi komputer yang dikhususkan untuk pengolahan data menjadi informasi yang bermanfaat baik untuk individu maupun untuk kelompok atau organisasi.Organisasi yang begitu banyak jumlahnya di Indonesia dan berbagai bidang juga banyak menerapkan teknologi informasi untuk mengefektifkan serta mengefisiensikan kinerja organisasi.Salah satu organisasi yang banyak memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi adalah organisasi pendidikan.
Teknologi informasi mampu memberikan kemudahan pihak pengelola menjalankan kegiatannya dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas sekolah dimata siswa,orang tua siswa,dan masyakat umumnya.Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia.Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan.Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan akan ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri.Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa.Dengan demikian siswa akan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan kepribadian dan pengetahuannya.
Intinya yang perlu ditekankan adalah bagaimana pembelajaran dengan menggunakan teknologi komputer harus merata di seluruh Indonesia, walaupun minimal menggunakannya hanya untuk melihat informasi penting terkait dengan informasi pendidikan yang ada di Indonesia. Selain itu menggunakan media-media teknologi yang ada juga sangat membantu siswa dalam memahami mata pelajaran, misalnya membuat simulasi ilmu Fisika, ilmu kimis, dan lain sebaginya, dengan demikian para siswa dapat melihat secara nyata mengenai ilmu-ilmu pengetahuan yang ada. Manfaat lain adalah siswa merasa tidak jenuh dalam belajar, dab siswa bisa mengembangkan sendiri konsep-konsep yang ada dengan mengembangkan sendiri, maka dengan sendiinya siswa mampu untuk bereksplore. Mengkombinasikan antara materi yang diberikan kepada siswa suatu pengajaran yang bagus, karena akan mengatasi kejenuhan bagi siswa, para pengajaran diharapkan mampu untuk membagi waktu, kapan saatnya dia memberikan materi konsep dengan menggunkan media, seperti CD ataupun DVD, serta memanfaatkan semua media teknologi lainnya yang bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya, yang mana sudah dijelaskan  sebelumnya.

Salah satu contoh penerapan IT dalam bidang pendidikan adalah V-Class (Virtual Class)
Berikut ini adalah manfaat dari kegunaan V-Class :
  • Materi lebih luas
  • Pembelajaran disesuaikan berdasarkan kebutuhan siswa
  • Mempersingkat waktu tanpa perlu pergi ke kelas
  • Mengurangi belajar bergantung pada buku teks dan lebih relevan dengan dunia luar
  • Menghemat kertas (Go Green)
  • Peduli Global Warming
  • Mendeteksi copy paste
  • Mendorong pelajar untuk meningkatkan ilmu pengetahuan teknologi
  • Dapat melatih pelajar untuk berinteraksi dan memberikan pendapatnya
  • Mendorong pelajar untuk lebih ingin tau
  • Melatih pemikiran kreatif dan inovatif dengan menarik dan berkesan
Kelebihan dan Kekurangan Perkembangan IT dalam Pendidikan
Kelebihan :
  • Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
  • Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan
  • Kemajuan TIK akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan
  • Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengurangi ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara berkembang dan negara maju lainnya
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru sehingga memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak
  • Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK
Kekurangan :
  • Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan
  • Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK
  • Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran misalnya kita tidak hanya mendownload tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak,tidak hanya berkunjung ke digital library namun masih berkunjung ke perpustakaan
  • Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah,akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal
Saran dan Solusi dari Kekurangan Perkembangan IT pada Pendidikan
Saran :
            Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ekosistem pendidikan nasional yang lebih baik dan mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang.Salah satu cara yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.Namun agar mutu pendidikan di Indonseia dapat meningkat secara merata maka harus ada pemerataan pendidikan diantaranya pemerintah dan pihak sekolah harus memperhatikan sarana dan prasarana di sekolah.

Solusi :
  • Dalam menggunakan IT harus sewajarnya dan bisa dikendalikan dengan benar mana yang baik dan mana yang buruk
  • Menggunakan IT harus teliti agar tidak mengalami kesalahan atau kecerobohan yang bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal

https://blingjamong.wordpress.com/2013/11/18/1-1dampak-positif-dan-negatif-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bidang-pendidikan-pemerintah-dan-ekonomi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar