Kamis, 07 April 2016

Tugas Menganalisa ITSM



Layanan IT mulai mutlak diperlukan oleh perusahaan apapun. Keberadaan layanan IT dan berbagai sistem yang ada dapat mendukung kinerja perusahaan dan meningkatkan value yang diberikan kepada pelanggan. Layanan IT harus sejalan dengan tujuan bisnis perusahaan sehingga setiap biaya dikeluarkan dan resiko yang dihadapi ketika penerapan layanan IT tidak terbuang percuma.Kapabilitas layanan IT dalam suatu perusahaan perlu selalu dikontrol dan diperbaiki setiap waktu. Pengelolaan layanan IT juga  harus diimbangi dengan adanya proses audit internal yang akan membantu perusahaan untuk mengarahkan layanan IT agar tepat guna.

ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi)  suatu metode pengelolaan sistemteknologi informasi TI yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.
ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebutoperations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya.  

Manfaat ITSM :
a.       Peningkatan mutu penyediaan layanan dan biaya kualitas pelayanan dapat dibenarkan.
b.       Pelayanan yang memenuhi sebuah  bisnis dan tuntutan dari user
c.       Proses Bisnis yang terjadi dapat lebih terpusat/fokus
d.       Setiap orang mengetahui sebuah  peran dan tanggung jawab mereka dalam sebuah  penyediaan layanan
e.       Indikator kinerja dapat dibuktikan

ITIL (IT Infrastructure Library)

IT Infrastructure Library, telah menjadi standar internasional sesungguhnya untuk IT Service Management. Fokus pada quality service dan best practice telah membuat kerangka kerja ITIL menjadi paling populer dan umum didalam perencanaan dan pengelolaan proses dan peran-peran serta aktivitas IT Service Management.

Manfaat dari sebuah ITIL(IT Infrastructure Library):
Dapat  mengurangi biaya, Peningkatan layanan IT  melalui penggunaan proses-proses praktek terbaik yang telah terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pendekatan yang lebih profesional,

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar