KELOMPOK VI
1. Amelia
Saftri
2. Galih
Aditya
3. Gian
Mugraha
4. I
Made Hangga Aksara
5. Suryaningsih
Patandung
KELAS : 2 KA17
EVENT MANAGEMENT
1. Pengertian
Menurut Wikipedia (2013), event
management adalah aplikasi dari manajemen proyek, guna membuat dan
mengkreasikan sebuah acara, festival, maupun sebuah konferens.
2. Hal-hal
yang Perlu diperhatikan dalam Event Management
Ada 5 (lima)
hal yang perlu diperhatikan dalam event management, yaitu :
·
Perencanaan yang Matang
Perencanaan termasuk pembuatan
konsep, pengaturan waktu, pembuatan desain acara, penentuan timeline acara,
serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan perencanaan kegiatan.
·
Pembiayaan yang Terukur
Arus pengeluaran dan pemasukan kas,
pembiayaan event juga hams dikontrol dengan jelas, sehingga tidak menjadikan
penyelenggara event rugi karena tidak bisa mengelola arus kas.
·
Tim yang Handal
Kita tidak akan bisa melakukan semua
pekerjaan mulai dari perencanaan hingga eksekusi event sendirian.
·
Time Management
Waktu seakan berjalan dengan
cepatnya, dan jika tanpa disiplin atas time management yang telah disepakati,
maka event bisa berantakan.
·
Eksekusi Event yang Berkesan
Pastikan setelah event, pengunjung atau peserta
mempunyai kesan atas acara yang terselenggara, dan pastikan itu kesan positif.
APPLICATION MANAGEMENT
1. Pengertian
Manajemen
aplikasi (Aplication Management) adalah proses pengelolaan operasi,
pemeliharaan, dan peningkatan versi dari aplikasi seluruh siklus hidup.
Menurut
Technopedia, manajemen aplikasi (AM) merupakan pendekatan pengelolaan TI
enterprise wide diarahkan untuk memberikan kinerja aplikasi benchmark optimal
untuk organisasi sementara menggabungkan bisnis dan segmen IT, masing-masing
dengan tujuan AM beragam.
2. Fungsi
Manajemen pada Aplikasi User
Adapun
fungsi-fungsi manajemen pada aplikasi user adalah sebagai berikut :
·
Install
Proses
menempatkan file-file program pada sistem komputer termasuk konfigurasi program
tersebut.
·
Uninstall
Proses untuk
menghapus file-file program beserta konfigurasi dari komputer.
·
Update/Upgrade
Proses untuk
memperbarui file-file dari program yang telah terinstall.
TECHNICAL MANAGEMENT
1. Pengertian
Manajemen
teknik adalah bentuk spesialisasi dari ilmu manajemen yang fokus pada aplikasi
di bidang teknik, yang pada umumnya untuk urusan bisnis.
Manajemen
teknik adalah karier yang menyatukan kaidah penyelesaian masalah teknologi dan
kemampuan organisasi, administratif, dan perencanaan dari ilmu manajemen.
2. Macam-macam
Management Technical
·
Delegasi
Manajer yang
baik mampu melakukan delegasi terhadap pekerjaan yang dapat dilakukan oleh bawahannya.
·
Manajemen Konflik
Hal ini
penting dikuasai karena orang-orang yang terlibat kadang-kadang terjadi
konflik. Manajer yang baik harus mampu menemukan cara untuk menenangkan keadaan
tersebut.
·
Konsultasi
Kita tidak akan bisa melakukan semua pekerjaan
mulai dari perencanaan hingga eksekusi event sendirian.
·
Time Management
Baik bagi
manajer untuk berkonsultasi dengan karyawan, terutama ketika membuat keputusan
yang mungkin mempengaruhi bagaimana mereka melakukan pekerjaan mereka.
·
Otokratis
Manajer yang
baik tahu kapan waktunya untuk mulai mengeluarkan perintah tegas kepada
karyawannya. Ini semacam gaya otokratis yang paling sering dibutuhkan saat
keadaan darurat atau beberapa situasi yang tak terduga yang membutuhkan
penyesuaian yang cepat.
THE SEVEN STEP IMPROVEMENT PROCESS
1. Pengertian
The Seven
Step Improvement Process merupakan proses berbasis CSI. CSI bertanggung jawab
untuk perbaikan layanan TI, proses, infrastruktur TI, dan seluruh siklus hidup
ITSM.
2. Tujuh
Langkah “The Seven Step Improvement Process”
Ketujuh
langkah “The Seven Step Improvement
Process”, antara lain :
·
Tentukan Apa yang Diukur
Dalam
diskusi dengan pelanggan dan manajemen iT adalah penting untuk menentukan apa
yang akan diukur. Visi, Misi, katalog layanan, persyaratan dan tujuan
tingkat layanan dapat digunakan misalnya sebagai masukan.
·
Definisi Apa yang Dapat Diukur
Laporan yang
ada dan alat-alat yang digunakan perusahaan, harus menjadi titik awal di
sini. Atas dasar ini, dapat didentifikasi apa yang sudah dapat diukur atau
dengan biaya murah, misalnya dengan (re) konfigurasi alat.
·
Pengumpulan Data
Pengumpulan
data mengandaikan beberapa jenis pemantauan yang dilakukan. Pengumpulan
data harus mencakup pengukuran teknis dan metrik untuk proses dan layanan TI
yang diakui.
·
Pengolahan Data
Pengolahan
data untuk mempersiapkan data dari berbagai sumber yang berbeda untuk
mengkonversi mereka menjadi format yang dapat digunakan.
·
Analisis Data dan Evaluasi
Analisis
data dan evaluasi untuk mengidentifikasi kelemahan layanan TI dan proses, tren,
dampak pada bisnis, dan pada setiap tindakan korektif. Hasil dari langkah
kelima ini adalah kesimpulan untuk langkah berikutnya.
·
Presentasi Temuan
Temuan yang
diperoleh sebelumnya, disajikan untuk menginformasikan kepada pelanggan dan
pengambil keputusan tentang temuan dan langkah-langkah perbaikan yang berasal
dan untuk meyakinkan mereka dari pelaksanaan.
·
Menerapkan Tindakan Korektif
Langkah
terakhir ini untuk menerapkan langkah-langkah korektif, menerapkan temuan, dan
menerapkannya. Oleh karena itu, pelaksanaan langkah ini dianggap sebagai
faktor penentu keberhasilan untuk seluruh " The Seven Step Improvement
Process ".
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar