Minggu, 22 Maret 2015

PENGERTIAN KEBUDAYAAN



Sedangkan Pengertian Kebudayaan menurut Koentjaraningrat yang sebagaimana telah dikutip oleh Budiono K yaitu menegaskan bahwa, “menurut antropologi, kebudayaan ialah seluruh sistem gagasan, rasa, tindakan dan karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan masyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar”. Maka berdasarkan pengertian tersebut ini berarti bahwa ada pewarisan budaya-budaya leluhur lewat sebuah proses pendidikan.
Budaya dan kebudayaan sudah ada ketika manusia berpikir, berkarya dan berkreasi. Bahkan akan senantiasa menunjukkan mengenai pola pikir dan interpretasi manusia pada lingkungannya. Dalam kebudayaaan ini pula terkandung nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat setempat dan hal ini menuntun untuk memaksa manusia dalam berperilaku yang sesuai dengan budayanya. Di antara kebudayaan yang satu dengan lainnya ternyata mempunyai sebuah perbedaan dalam menentukan nilai-nilai hidup dan berperan serta pada adat istiadat atau tradisi yang dihormati. Adat istiadat atau tradisi yang berbeda inilah antara yang satu dengan lainnya tak dapat dikatakan tentang benar atau salahnya, karena hal ini merupakan sebuah penilaian yang selalu terikat pada kebudayaan tertentu.
Kebudayaan sangat berpengaruh besar pada kepribadian seseorang. Dan sebaliknya juga yaitu bahwa dalam pengembangan kepribadian manusia dibutuhkan kebudayaan dan  kebudayaan ini akan terus berkembang lewat kepribadian tersebut. Jadi untuk sebuah masyarakat yang maju, yang menjadi kekuatan penggeraknya ialah individu-individu yang ada di dalamnya. Maka semakin tinggi sebuah kebudayaan masyarakat akan bisa dilihat melalui karakter, kualitas dan kemampuan individunya.
Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Seseorang yang memiliki perilaku berdasarkan nilai-nilai budaya, terutama nilai moral dan etika maka akan disebut sebagai manusia yang berbudaya. Kemudian berkenaan pada perkembangan diri manusia juga tidak bisa terlepas oleh nilai-­nilai kebudayaan yang berlaku. Kebudayaan dan masyarakat mempunyai kekuatan yang mampu dalam pembentukan dan pengontrolan individu. Bahkan ditambah lagi manusia yang sebagaimana sebagai makhluk individu juga merupakan makhluk sosial, sehingga perkembangan dan perilaku individu cenderung dipengaruhi oleh kebudayaan. Atau dapat dikatakan juga sebagai peran untuk membentuk karakter manusia yang tepat dengan menggunakan pendekatan budaya.
Hal itu merupakan faktor yang begitu penting dan harus dimiliki oleh setiap kebudayaan dalam menunjukkannya.
1. Bahasa
Bahasa dalam unsur kebudayaan ialah sistem perlambangan secara arbitrel dan dibentuk atas unsur bunyi ucapan oleh manusia dan berfungsi sebagai gagasan dalam sarana interaksi atau komunikasi bersama.
2. Sistem pengetahuan
Sistem pengetahuan ini bermaksud bahwa semua hal diketahui oleh manusia dalam suatu kebudayaan tentang lingkungan alam dan sosialnya yang berdasarkan pada asas – asas susunan yang tertentu.
3. Organisasi sosial
Organisasi ini merupakan  sistem secara keseluruhan yang mengatur semua aspek kehidupan masyarakat dan juga salah satu dari unsur kebudayaan yang bersifat universal.
4. Sistem teknologi dan peralatan hidup
Merupakan sebuah rangkaian dengan konsep dan segala aktivitas yang berkaitan pada pemeliharaan, pengadaan dan penggunaan sarana hidup manusia dengan kebudayaannya.
5. Sistem mata pencarian hidup
Merupakan suatu rangkaian kegiatan masyarakat dengan bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup yang secara langsung maupun tidak langsung berada dalam konteks kebudayaan.
6. Kesenian
Merupakan sistem keindahan yang diperoleh dari hasil kebudayaan dan memiliki makna serta nilai yang begitu mendukung akan eksistensi kebudayaan tersebut.
7. Sistem religi
Merupakan serangkaian akan sebuah keyakinan yang berkaitan pada alam gaib, kegiatan upacara dan sarana lainnya yang mendukung serta memiliki fungsi untuk melaksanakan komunikasi sesama manusia dengan kekuatan alam gaib tersebut.

Sumber:http://jimmyprianto.blogspot.com/2014/01/pengertian-kebudayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar