Selasa, 14 Oktober 2014

KEBUDAYAAN KELUARGA BALI

KEBUDAYAAN KELUARGA
Om Swastyastu
                Saya disini akan menceritakan kebudayaan keluarga saya.di keluarga saya mayoritas beragama HINDU . saya akan mengenalkan keluarga saya terlebih dahulu pertama nama Ayah saya I NYOMAN ADIPTA, Ibu saya ERNA KUSUMANINGSIH,kaka saya namyanya I GEDE YOGA SUWARA ,kalo saya sendiri bernama  I MADE HANGGA AKSARA.Ayah saya berasal dari Bali dan Ibu saya berasal dari Garut.saya di keluarga anak kedua dari dua saudara .pekerjaan ayah saya adalah PNS di departemen Kehutanan,kalo Ibu saya sebagai Ibu rumah tangga , kalo Kaka saya sebagai mahasiswa .
                Saya disini akan menceritakan keseharian keluarga besar INYOMAN ADIPTA dan ERNA KUSUMANINGSIH.Karena di keluarga saya menganut agama HINDU maka setiap pagi , siang ,dan menjelang malam kita melakukan persembah yangan seperti agama – agama yang lainnya.Persembah yangan yang dilakukan oleh umat HINDU ditujukan untuk pencipta alam semesta ini dan beserta isinya kehadapan SANG HYANG WIDHI WASA.Selain melakukan persembahyangan kalo di keluarga saya sesudah masak  dan sebelum makan bersama kami melakukan sagi atu ngejot untuk dipersembahkan kepada  SANG HYANG WIDHI WASA dan Leluhur kami.
                Saya akan menjelaskan tentang pakayan yang dipaki untuk melaksanakan persembah yangan adalah udeng,santeng atau selendang,kamen atau sarung dan baju sembah bahyang  yang penting sopan dan rapih.terus perasarana persembah yangan adalah  berupa dupa,bunga,air(tirta),bija(beras).di keluarga saya juga sering memasak masakan Bali seperti sate lilit yang terbuat dari ikan yang sudah di haluskan,sambel sereh yang terbuat dari sereh ,cabe dan lain-lain,kue lak-lak ,ayam sebit jadi ayamnya diiris kecil-kecil terus dikasih sambel dan masih banyak lainnya .
                Jadi saya mempunyai kesimpulan apa pun budayanya kita harus bangga dan harus bisa melestarikan budaya kita dan kita tidak boleh menjelek-jelekan budaya orang lain .sekian cerita budaya yang ada di keluarga besar saya dan mohon di maafkan apa bila ada kekurangan dan tulisannya salah.semoga bermanfat walupun sedikit ceritanya .


               

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar